Sabtu, 25 Februari 2012

Budidaya Mutiara di Teluk Kode

Kerang mutiara adalah makhluk laut yang mengagumkan.Selain menghasilkan mutiara indah,cangkangnya pun bisa di buat perhiasan.











  • Ø Milik LPI


Mutiara alami sangat sulit di temukan.Untuk menemukan sebutir mutiara saja,kira-kira ratusan kerang mutiara harus di buka.Agar kerang mutiara lebih mudah did apt,kerang mutiara lalu dibudidaya.
            Di Teluk Kodek,Desa Malaka,Lombok Barat,budidaya kerang mutiara di lakuakn oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LPI)Mataram.Disini,kita dapat melihat car terbentuk nya kerang.
            Jenis kerang yang dibudidaya di sini,antara lain pinctada maksima(kerang nutiara)Dan pinctada margativera(kerang penghasilmutiara hitam).Ada juga kerang pteriapenguin yang bisa menghasilkan mutiara dalam waktu singkat.

  • Ø Nukleus si Inti Mutiara

NUkleus adalah butiran yang terbuat dari bahan cangkang kerang(bentuknyabulat).Ada juga yang terbuat adri bahan plastic(berbentuk hati,bintanfg,bahkan ada yang bewarna merah).Nukleus ini nantinya di suntikanke dalam kerang oleh ahlinya.Mutiara yang terbentuk dalam kerang,akan mengikuti bentuk dan warna nukleusnya.
Kerang siap menghasilkan mutiara ketika lebarnay kira-kira 10 cm.Disaat itu,butirn nucleus siap di suntikan ke dalam kerang.Keranglalu ditaruh di laut lagi di dfalam kantong-kantong jala.Nukleus ini nantinyakan mendapat lapisan-lapisan,sehingga lama-kelmaan menjadi mutiara.Kira-kira 18 bulankemudian,mutiara bisa  di panen.Khusus untuk kerang pteria penguin,nukleusnya di tempelkan dengan lemdi cangkang kerang ini.Enam bulan kemudian mutiaranya siapdi panen.
Selama hidupnya,seekor kerang bisa memproduksi dua mutiara bulat dan sebutir mutiara tidak bulat.Cangkang kerang yang sudah mati bisa di haluskan untuk di buat liontin cantik karena warnanya mengkilap.Jadi,semua bagian kerang bisa di pakai.

0 komentar:

Posting Komentar