Jumat, 27 Januari 2012

Empat Sehat Lima Sempurna / 4 Sehat 5 Sempurna

Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :


1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.



2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.





3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.



4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.



5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.






http://organisasi.org/empat_sehat_lima_sempurna_4_sehat_5_sempurna_pada_makanan_pokok_lauk_pauk_sayur_mayur_buah_dan_susu_pelajaran_tata_boga Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu : 1. Makanan Pokok Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya. 2. Lauk-Pauk Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain. 3. Sayur-Mayur Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya. 4. Buah Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya. 5. Susu Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita. http://organisasi.org/empat_sehat_lima_sempurna_4_sehat_5_sempurna_pada_makanan_pokok_lauk_pauk_sayur_mayur_buah_dan_susu_pelajaran_tata_bogamiftahulhusna61.blogspot.com

Akibat Handphone bagi Pelajar ??

HP adalah alat komunikasi aktif yang universal dan fleksibel. Pada awalnya merupakan barang mewah, tetapi sekarang sudah bukan lagi. HP telah menjadi bagian gaya hidup. Tidak hanya orang-orang penting yang memanfaatkan HP, tetapi orang biasapun telah menggunakan HP. Begitu juga anak- anak sekolah. Mereka merupakan konsumen terbesar untuk HP. Masalahnya adalah apakah ada pengaruh HP terhadap prestasi belajar anak?

 



Pengaruh Positif Handphone
  • Sebagai alat komunikasi, handphone tentu sangat berguna bagi seorang siswa. Baik berkomunikasi dengan para teman-temannya, maupun berkomunikasi dengan para guru. 
  • Handphone bisa berfungsi sebagai penambah wawasan dan alat bantu belajar. Dengan fiturnya yang berupa internet, siswa bisa mencari informasi apa saja dengan mudah. Hal ini tentu sangat memudahkan siswa dalam menyerap materi pelarajan.
  • Sebagai hiburan, handphone juga sangat berguna. Fitur MP3 yang disuguhkan akan cukup membuat siswa tidak jenuh dalam belajar. Tapi fitur ini sebaiknya digunakan pada porsi yang tepat agar siswa tetap konsentrasi pada kegiatan belajarnya.

Jika kita memperhatikan, maka mayoritas anak sekolah mempunyai HP dengan fitur yang lengkap. Berbagai fasilitas ada di dalam HPnya sehingga mereka dapat melakukan apapun dengan alat tersebut. Dan, karena keasyikan bermain dengan HP, maka anak lupa akan tugas dan kewajiban utamanya. Anak-anak lupa belajar!

Setiap saat kita dapat menemui beberapa anak bergerombol dan ber-HP ria. Mereka begitu riang saat berbicara di HP. Ada juga yang asyik memencet tombol keyboard-nya untuk menulis sms untuk teman-temannya. Begitulah keasyikan mereka bermain HP sehingga banyak kegiatan mereka tertunda. Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh keberadaan HP bagi anak-anak adalah:


  •      Mengalihkan Perhatian
Dalam kenyataannya, HP berhasil mengalihkan perhatian siswa dari proses pembelajarannya. Mereka lebih memperhatikan HP daripada semua penjelasan yang diberikan guru.
Tentunya jika kondisi ini terjadi, maka pengaruh HP terhadap prestasi belajar benar-benar mereka alami. Akibat terlalu memperhatikan HP, maka penjelasan guru diabaikan. Akibatnya, prestasi mereka-pun merosot. Ini merupakan salah satu akibat dari pengaruh HP pada anak-anak

  •   Menurunkan Konsentrasi
Konsentrasi adalah tingkat perhatian kita terhadap sesuatu. Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali HP menyita sebagian besar waktu mereka.
Sementara kita tahu bahwa penjelasan dan bimbingan guru merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Jika mereka tidak memperhatikan, maka mereka telah kehilangan kesempatan untuk mengetahui apa yang telah mereka pelajari. Akibatnya, saat evaluasi, mereka tidak mempunyai bekal untuk evaluasi tersebut. Dan, nilai yang didapatkannya pasti rendah. Nilai rendah yang didapatkan siswa pada saat evaluasi diindikasikan sebagai proses pembelajaran yang tidak berhasil atau gagal.

  •  Melupakan Tugas dan Kewajiban
HP sebenarnya sangat bermanfaat jika dipergunakan sebagaimana fungsinya. Tetapi yang terjadi selama ini terjadi, khususnya pada anak-anak adalah penyalahgunaan HP untuk keperluan lain.
Anak-anak asyik bermain dengan HP dan melupakan tugas kewajiban utamanya.
Mereka tidak lagi memperhatikan tugas kewajibannya sebab disibukkan oleh HP. Akibatnya, anak tidak menguasai materi belajarnya. Tidak ada satupun materi yang tersimpan dalam memori otak sebab memang tidak ada yang dimasukkan ke sana.
Pada saat proses pembelajaran berlangsung, seringkali kita melihat  beberapa siswa bermain HP. Walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan HP saat proses pembelajaran, tetapi pelanggaran tersebut tetap saja terjadi, mereka sembunyi sembunyi saat melakukannnya. Tidak mungkin kita secara terus menerus merazia HP mereka.
Dengan bermain HP saat proses pembelajaran berlangsung, itu artinya siswa telah mengabaikan dan melupakan tugas dan kewajiban utamanya. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi dan tugas kewajiban guru untuk memperingatkannya.
Tetapi meskipun demikian, peranan guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan HP tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.

  • Malas Belajar
Anak-anak yang sudah kecanduan HP, maka setiap saat yang dilakukannya hanyalah bermain HP dan HP. Mereka tidak pernah berpikir pada hal yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah HP. Jika ke mana-mana tidak ada HP, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa anak yang  tidak mau melakukan kegiatan karena tidak punya HP.
Pada saat-saat belajar, anak-anak menghadapi buku dengan dampingan HP. Pada awalnya HP digunakan untuk mendengar musik untuk menciptakan suasana nyaman, refreshing pikiran. Tetapi, ketika ada yang mengirim sms atau menelpon, maka mulai saat itulah mereka berpindah kegiatan. Mereka sibuk dengan kegiatan barunya dan melupakan kegiatan belajar. Mereka jadi malas untuk belajar dan asyik bertelpon ria atau bersms ria.
Keberadaan HP memang sangat penting bagi kehidupan di zaman global ini. Tetapi jika ternyata HP mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi belajar anak, lebih baik mereka tidak diberi HP. Oleh karena itulah, peranan orang tua, guru dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kit adalam meminimalisasi pengaruh HP terhadap prestasi belajar siswa.

  •      Mengganggu Perkembangan Anak
 Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

  • ·         Efek radiasi 
Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi
kesempatan menggunakan HP secara permanen.
  • ·         Rawan terhadap tindak kejahatan. 
  • ·         Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. 

Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar. 

  • ·         Pemborosan 
Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya
akan menjadi pemborosan yang saja.

  • Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa ternyata juga bisa buruk. Hal ini dicontohkan dengan siswa yang mungkin malah keasyikan telepon atau SMS dengan teman/pacar sehingga mereka lupa untuk belajar. Mereka merasa bebas untuk menelepon atau SMS. Berbeda bila menggunakan telepon rumah, yang penggunaannya dikontrol ketat oleh orang tua.
  • Fitur hiburan pada handphone juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Misalnya MP3, siswa bisa saja lebih suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harusbelajar. Selain MP3, ada game yang juga bisa membuat siswa lebih suka menuntaskan bermain game daripada menuntaskan tugas sekolah.

Fitur internet pada handphone memang bisa memberikan pengaruh baik, tapi bila tidak digunakan secara bijak, hal ini bisa saja malah menurunkan prestasi belajar siswa. Kemudahan siswa untuk bisa memperoleh info apa saja, bisa membuat siswa terlena oleh dunia maya. Apalagi saat ini banyak beredar jejaring sosial, hal ini bisa membuat siswa lebih suka menghabiskan waktu untuk mengutak-atik handphone daripada belajar.
Handphone bukan sekedar kebutuhan, tapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan, ada anggapan kalau tidak punya handphone, maka akan dicap sebagai orang kampungan. Hal seperti ini bisa mempengaruhi mental siswa. Mereka akan lebih memikirkan gaya hidup daripada memikirkan kegunaan handphone itu sendiri, mereka tidak fokus dalam belajar karena lebih mementingkan gaya hidup pergaulan.
Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa yang lain adalah siswa menjadi lebih mengandalkan handphone daripada harus belajar. Contohnya, saat ujian, siswa bisa mencontek atau menanyakan jawaban pada teman lewat handphone (dengan SMS). Tentu akan mengurangi minat siswa dalam belajar karena berpikir kalau mereka pasti bisa melewati ujian asalkan ada handphone. Kasus seperti ini sudah banyak sekali ditemukan di Indonesia.


Jadi, Perkembagan teknologi sekarang yang cukup mdern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar
dinegeri kita rusak.
Menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya.



Agar prestasi siswa tidak menurun,maka didukung oleh:
  • Motivasi. Motivasi memegang peranan penting bagi siswa di dalam meraih prestasi. Siswa dengan motivasi yang tinggi walau kemampuannya biasa saja akan meraih prestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan baik tetapi tanpa motivasi.
  • Dukungan lingkungan. Lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu faktor penting di dalam menciptakan prestasi belajar siswa. Saat anak Anda bergaul di lingkungan anak-anak yang mau dan senang belajar, anak Anda akan terpengaruh secara positif untuk melakukan hal yang sama. Lain halnya jika anak Anda bergaul dengan anak-anak yang senang menghabiskan waktu dengan bermain, maka anak Anda juga akan mudah terpengaruh untuk melakukan hal yang sama.
  • Ketersediaan berbagai teknologi. Ada anak yang sebelumnya berprestasi dan seiring berjalannya waktu, prestasi si anak terus menurun. Setelah diselidiki secara mendalam, ternyata penurunan mulai terjadi saat orang tua membelikan Blackberry(BB) untuk si anak. Waktu belajar yang seyogyanya diisi dengan belajar dihabiskan oleh anak tersebut dengan sibuk ber-BB ria. Perkembangan teknologi sering ikut menghancurkan prestasi yang telah diraih siswa saat digunakan secara tidak tepat.
  • Dukungan orang tua. Keberhasilan seorang anak tidak terlepas dari keikutsertaan orang tua dalam memberikan dukungan. Di dalam setiap usaha yang anak lakukan dalam mencapai prestasi belajar, orang tua selayaknya ikut mendampingi dan memberi semangat. Orang tua dapat memberikan pujian dan penghargaan untuk segala prestasi belajar siswa yang telah dicapai.





Kenali 5 Jenis Sakit Kepala

miftahulhusna61.blogspot.comHati-hatilah bila Anda sering mengalami sakit kepala. Gangguan kesehatan ringan ini sebenarnya bisa merupakan salah satu gejala dari penyakit yang lebih besar.

Hal ini ada hubungannya dengan pengelompokan dua jenis sakit kepala. Sakit kepala utama disebabkan oleh disfungsi atau aktivitas yang berlebihan dari fitur-fitur yang sensitif terhadap rasa sakit di kepala. Pada kelompok kedua, yang juga lebih jarang, disebabkan oleh penyakit yang mendasar.

Namun, pada dasarnya ada lima jenis sakit kepala, yang penekanannya berangkat dari bagaimana rasa sakit itu dihasilkan. Menurut Clinical Methods, rasa sakit juga bisa terjadi pada setiap bagian dari kepala, termasuk kulit, otot-otot, pembuluh darah, sinus, struktur gigi, dan saraf-saraf wajah.

Vaskular, penyebab migrain
Rasa sakitnya disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah di dalam kepala. Tipe paling populer dari sakit kepala vaskular adalah migrain, yang menurut American Headache Society dialami sekitar 28 juta orang di Amerika. Migrain bisa kambuh, dan jika sedang muncul baru akan sembuh setelah 4-72 jam. Rasa sakitnya antara sedang sampai parah, dengan rasa berdenyut-denyut yang timbul pada satu atau dua sisi kepala. Gejala lain dari migrain adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau suara. Sebanyak 3 dari 4 penderita migrain adalah perempuan. Artinya, lebih banyak perempuan yang mengalami migrain daripada pria.

Cluster
Sakit kepala jenis ini adalah tipe lain dari sakit kepala vaskular. Namun kebalikan dari migrain, penyakit ini lebih banyak mendera kaum pria. Rasionya enam banding satu, demikian menurut Cluster Headache Support Group. Rasa sakit yang begitu menyiksa, bisa berlangsung selama 15-180 menit. Biasanya terjadi pada satu sisi kepala, di belakang mata, atau pada daerah pelipis. Sakit kepala biasa terjadi pada waktu-waktu tertentu, seringkali saat jam-jam tidur, selama 4-8  minggu.

Myogenik
Saat bekerja, Anda pasti sering merasa leher dan pundak Anda kaku. Kadang-kadang diikuti dengan sakit kepala. Sakit kepala jenis ini memang sering dianggap sebagai ketegangan akibat otot-otot yang menegang di leher, pundak, kulit kepala, atau rahang. Pemicunya bukan sekadar cara duduk yang salah, tetapi juga stres, gelisah, atau depresi. Tidak heran bila sakit kepala ini termasuk yang paling umum, dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada sebagian orang, rasa sakit juga diikuti dengan menurunnya nafsu makan.

Peradangan
Inilah urutan kedua sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan yang menghasilkan peradangan di dalam kepala. Tipe sakit kepala akibat peradangan yang paling umum adalah sakit kepala akibat sinus, yang disebabkan oleh peradangan pada sinus dan diperparah dengan reaksi alergik. Penyebab lain dari sakit kepala jenis ini adalah meningitis, dimana terjadi peradangan dari membran yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

Traction
Biasanya disebabkan oleh lesi yang menekan struktur dan pembuluh darah di kepala. Tumor metastatik (tumor maligna yang menyebar ke bagian tubuh lain), abses, atau hematoma (pembengkakan lokal yang terisi darah), bisa menyebabkan sakit kepala jenis ini. Rasa sakitnya akan lebih parah pada pagi hari, dan menjadi lebih parah saat pengidapnya batuk, buang air kecil, atau mengejan.



ZODIAK

miftahulhusna61.blogspot.com
Roda zodiak: abad ke-6 ini perkerasan mosaik dalam sinagog menggabungkan unsur Yunani-Bizantium, Beit Alpha, IsraelBumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari menyebabkan Matahari muncul di ruang angkasa yang bergerak di atas ekliptika (merah), yang miring pada khatulistiwa (biru).

Dalam astronomi, zodiak (Yunani: ζῳδιακός, zōdiakos) adalah cincin dari rasi bintang yang garis ekliptika, yang merupakan jalur jelas matahari di bola langit sepanjang tahun. Jalan Bulan dan planet juga terletak kira-kira dalam ekliptika, dan begitu juga dalam konstelasi bintang dari zodiak. Dalam astrologi, zodiak menunjukkan tanda-tanda yang membagi ekliptika menjadi dua belas zona bujur langit yang sama. Dengan demikian, zodiak adalah sistem koordinat langit, atau lebih khusus suatu sistem koordinat ekliptika, mengambil ecliptic sebagai asal lintang, dan posisi matahari di vernal equinox sebagai asal bujur.

Hal ini diketahui telah digunakan oleh zaman Romawi, yang berdasarkan pada konsep diwarisi oleh astronomi Helenistik dari astronomi Babel periode Kasdim (SM milenium pertengahan-1), yang, pada gilirannya, berasal dari sistem awal daftar bintang bersama ekliptika. Pembangunan zodiak ini dijelaskan dalam Ptolemy's Almagest (AD abad ke-2).

Zodiak Istilah berasal dari zōdiacus Latin, yang pada gilirannya berasal dari κύκλος ζῳδιακὸς Yunani (zōdiakos kuklos), yang berarti "lingkaran binatang", berasal dari ζώδιον (zōdion), yang kecil dari "binatang" ζῶον (Zoon). Nama ini termotivasi oleh kenyataan bahwa setengah dari tanda-tanda binatang Yunani zodiak direpresentasikan sebagai klasik (selain dua hibrida mitologis).

Meskipun zodiak tetap menjadi dasar dari sistem koordinat ekliptika yang digunakan dalam astronomi selain satu khatulistiwa, istilah dan nama-nama kedua belas tanda-tanda saat ini sebagian besar terkait dengan astrologi horoscopic.

Istilah "zodiak" juga dapat merujuk ke daerah lingkup langit meliputi jalan planet-planet sesuai dengan band sekitar delapan derajat busur di atas dan di bawah ekliptika. Zodiak dari suatu planet diberikan adalah band yang berisi path dari tubuh tertentu, misalnya, "zodiak Bulan" adalah band dari lima derajat di atas dan di bawah ekliptika.
Dengan ekstensi, yang "zodiak dari komet" dapat merujuk kepada meliputi band paling komet periode pendek.
  • Sejarah

Pembagian ecliptic ke dalam tanda zodiak berasal dari Babilonia ("Kasdim") astronomi pada paruh pertama dari milenium ke-1 SM, terjadi saat Median / kali "Neo-Babel" (abad ke-7 SM). Zodiak klasik merupakan modifikasi dari katalog MUL.APIN, yang disusun sekitar 1000 SM. Beberapa rasi bintang dapat ditelusuri lebih jauh ke belakang, ke Zaman Perunggu (Old Babel) sumber, termasuk Gemini "The Twins", dari MAŠ.TAB.BA.GAL.GAL "The Twins Besar", dan Kanker "Kepiting", dari AL.LUL "The Crayfish", antara lain.

astronom Babilonia di beberapa titik selama milenium awal SM 1 dibagi menjadi dua belas ecliptic zona bujur langit yang sama untuk menciptakan langit pertama yang diketahui sistem koordinat: sistem koordinat yang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan sistem modern (seperti sistem koordinat ekuator atau ekliptik sistem koordinat ). Kalender Babel seperti yang berdiri di abad ke-7 SM konstelasi memberikan setiap bulan, dimulai dengan posisi Matahari di vernal equinox, yang pada waktu itu, konstelasi Aries ("Age of Aries"), untuk yang alasan zodiak pertama masih disebut "Aries" bahkan setelah vernal equinox telah bergerak jauh dari rasi Aries karena memperlambat presesi sumbu Bumi rotasi.

Pengetahuan tentang zodiak Babel juga tercermin dalam Alkitab Ibrani. EW Bullinger ditafsirkan makhluk-makhluk yang muncul dalam kitab Yehezkiel dan Wahyu sebagai tanda-tanda tengah empat kuartal dari Zodiac, dengan Lion sebagai Leo, Bull Taurus, Manusia mewakili Aquarius dan berdiri Eagle di Beberapa penulis telah mengaitkan dua belas suku Israel dengan dua belas tanda-tanda. Martin dan lain-lain berpendapat bahwa pengaturan dari suku-suku di sekitar Tabernakel (dilaporkan dalam Kitab Bilangan) bersesuaian dengan urutan dari Zodiac, dengan Yehuda, Ruben, Efraim dan Dan mewakili tanda-tanda tengah Leo, Aquarius, Taurus dan Scorpio , masing-masing. sambungan seperti itu diambil oleh Thomas Mann, yang dalam novel Yusuf dan Nya Brothers, atribut karakteristik tanda zodiak untuk suku masing-masing di rendition tentang Berkat Yakub.
Helenistik dan era Romawi
Abad ke-1 SM Denderah Zodiac (ukiran abad ke-19)

Katalog bintang Babel masuk astronomi Yunani di abad ke-4 SM, melalui Eudoxus dari Cnidus dan lain-lain. Babilonia atau Kasdim di dunia Helenistik datang begitu diidentifikasi dengan astrologi bahwa "hikmat Kasdim" menjadi antara orang-orang Yunani dan Roma yang sinonim dari ramalan melalui planet-planet dan bintang-bintang. astrologi Helenistik syncretically berasal dari astrologi Babilonia dan Mesir. Horoscopic astrologi pertama kali muncul di Mesir Ptolemeus. The Dendera zodiak, lega kencan untuk ca. 50 SM, adalah penggambaran diketahui pertama dari zodiak klasik dua belas tanda-tanda.

Terutama penting dalam perkembangan astrologi horoscopic Barat adalah astrolog dan astronom Ptolemy, yang karyanya Tetrabiblos meletakkan dasar tradisi astrologi Barat. Di bawah Yunani, dan Ptolemeus khususnya, planet-planet, Rumah, dan tanda-tanda zodiak dirasionalisasikan dan fungsi mereka meletakkan dengan cara yang telah berubah sedikit hari ini. Ptolemeus hidup di abad ke 2, tiga abad setelah penemuan presesi dari oleh Hipparchus sekitar 130 SM, namun ia mengabaikan masalah ini, dengan menjatuhkan konsep bola langit tetap dan mengadopsi apa yang disebut sebagai koordinat tropis sistem bukan.
Hindu zodiak

Zodiak Hindu diyakini diadopsi dari sistem Yunani, [rujukan?] Selama periode dari kontak budaya yang intens Indo-Yunani selama periode Seleukus (2 untuk 1 abad SM), tetapi keduanya tidak identik. Sistem sidereal Hindu menggunakan sistem koordinat direferensikan ke bintang tetap, namun sistem Tropis diikuti oleh orang Yunani direferensikan dengan musim di belahan bumi Utara. Yang terakhir ini dipengaruhi oleh presesi dari. Akibatnya, Eropa dan zodiak Hindu selaras pada saat kontak budaya Indo-Yunani, tetapi secara berangsur-angsur bergerak menjauh lebih dari dua ribu tahun yang telah berlalu sejak.

Tanda-tanda zodiak Hindu dan tanda-tanda Yunani sesuai suara yang sangat berbeda, yang dalam bahasa Sansekerta dan Yunani masing-masing, tetapi simbol mereka hampir identik. Sebagai contoh, Dhanu berarti "busur" dan sesuai dengan Sagitarius, yang "pemanah", dan kumbha berarti "air kendi" dan sesuai dengan Aquarius, "air-carrier". Korespondensi tanda-tanda yang diartikan bahwa nama Sansekerta diterjemahkan dari nama Yunani, dan bukan sebaliknya.
Abad Pertengahan dan Awal masa Modern
Tanda-tanda zodiak seperti yang ditunjukkan dalam ukiran kayu abad ke-16
Sebuah lukisan abad ke-17 dari Katedral Hidup Pilar di Georgia menggambarkan Kristus dalam lingkaran Zodiac

Abad Pertengahan Tinggi melihat kebangkitan sihir Yunani-Romawi, pertama di Kabbalism dan kemudian berlanjut di sihir Renaissance. Ini termasuk menggunakan magis zodiak, seperti yang ditemukan, misalnya, dalam Sefer Raziel HaMalakh.

Simbol dgn mintaku'lburuj adalah awal Modern penyederhanaan representasi bergambar konvensional dari tanda-tanda, dibuktikan sejak zaman Helenistik. Simbol yang dikodekan dalam Unicode di posisi U 2648 U 2653 n Miscellaneous Simbol blok.
Dua belas tanda-tanda
Artikel utama: Astrological sign

Berikut ini adalah daftar dua belas tanda-tanda zodiak modern (dengan bujur ekliptika poin pertama mereka), di mana 0 ° Aries dipahami sebagai vernal equinox, dengan Latin, Yunani, Sansekerta, dan nama Babilonia (tapi dicatat bahwa bahasa Sansekerta dan setara nama Babel menunjukkan konstelasi saja, bukan tanda-tanda zodiak tropis). Juga, "terjemahan bahasa Inggris" tidak biasanya digunakan oleh pembicara bahasa Inggris. Nama Latin adalah penggunaan bahasa Inggris standar.
Simbol № Long. nama Inggris terjemahan Latin Yunani nama sanskrit nama Sumero-Babel name:
1.  ♈ 0 ° Aries The Ram Κριός / Kriós Mesa (मेष) LUḪUN.GA MUL "Pekerja Agraria", Dumuzi
2. ♉ 30 ° Taurus The Bull Ταῦρος / Tauros Vṛṣabha (वृषभ) MULGU4.AN.NA "The Steer Surga"
3. ♊ 60 ° Gemini The Twins Δίδυμοι / Mithuna Didymoe (मिथुन) MULMAŠ.TAB.BA.GAL.GAL "Si Kembar Besar" (Lugalgirra dan Meslamta-ea)
4.  ♋ 90 ° Kanker Καρκῖνος Kepiting ini / Karkaṭa Karkinos (कर्कट) MULAL.LUL "Crayfish The"
 5. ♌ 120 ° Leo The Lion Λέων / Léon Simha (सिंह) MULUR.GU.LA "The Lion"
6.  ♍ 150 ° Virgo The Maiden Παρθένος / parthenos Kanya (कन्या) MULAB.SIN "Furrow The"; "The Furrow, dewi telinga Shala tentang jagung"
 7. ♎ 180 ° Libra The Scales Ζυγός / Zygós Tula (तुला) zibanitum "The Scales"
8.  ♏ 210 ° Scorpio Scorpion The Σκoρπιός / Skorpiós Vṛścika (वृश्चिक) MULGIR.TAB "The Scorpion"
9. ♐ 240 ° Sagitarius Centaur Sang Pemanah Τοξότης / Toxótēs Dhanus (धनुष) MULPA.BIL.SAG, Nedu "tentara"
10.  ♑ 270 ° Capricorn "Kambing-tanduk" (Laut-Kambing) Αἰγόκερως / Aegókerōs Makara (मकर) MULSUḪUR.MAŠ "Kambing-Ikan"
11. ♒ 300 ° Aquarius Pembawa Air Ὑδροχόος / Hydrokhóos Kumbha (कुम्भ) MULGU.LA "The One Besar", kemudian qa "teko"
12.  ♓ 330 ° Pisces Ikan Ἰχθύες / Ιkhthyes Mina (मीन) MULSIM.MAḪ "The Ekor burung layang-layang", kemudian DU.NU.NU "ikan-kabel"

        Simbol yang digunakan dalam astrologi Barat untuk mewakili tanda-tanda astrologi
        Mintaku'lburuj konstelasi.

        Adalah penting untuk membedakan tanda-tanda zodiak dari rasi bintang yang berhubungan dengan mereka, bukan hanya karena mereka terhanyut terpisah karena presesi ekuinoks, tetapi juga karena konstelasi fisik dengan sifat mereka berbagai bentuk dan mengambil berbagai bentuk lebar dari ekliptika. Dengan demikian, Virgo mengambil sepenuhnya lima kali bujur ekliptika sebanyak Scorpius. Tanda-tanda zodiak, di sisi lain, merupakan abstraksi dari konstelasi fisik yang dirancang untuk mewakili tepat satu dua belas lingkaran penuh masing-masing, atau bujur dilalui Matahari dalam waktu sekitar 30,4 hari.

        Selalu ada sejumlah "parazodiacal" rasi bintang yang juga tersentuh oleh jalan planet-planet. The MUL.APIN daftar Orion, Perseus, Auriga dan Andromeda. Selain itu, ada sejumlah rasi bintang mythologically terkait dengan yang zodiak: Piscis Austrinus, Ikan Selatan, melekat pada Aquarius. Dalam peta klasik, itu menelan aliran berhamburan keluar dari kendi Aquarius ', tapi mungkin sebelumnya hanya berenang di dalamnya. Aquila, The Eagle, ini mungkin terkait dengan zodiak berdasarkan bintang utama, Altair. Hydra di Awal Zaman Perunggu ditandai khatulistiwa langit dan dikaitkan dengan Leo, yang ditunjukkan berdiri di ular di zodiak Dendera. Corvus adalah Crow atau Raven misterius bertengger di ekor Hydra. The MUL.APIN glosses Hydra sebagai "Ningizzida Ular, penguasa dari akhirat". Ningizzida bersama dengan Dumuzi (Aries) dan Pabilsag (Sagitarius) diatur rumah tangga ratu neraka.

        Mengambil batas konstelasi saat ini seperti yang didefinisikan pada tahun 1930 oleh International Astronomical Union, ecliptic sendiri melewati suatu konstelasi ketiga belas tambahan, Ophiuchus, terletak di antara Scorpius dan Sagitarius. Ini diidentifikasi dalam Ptolemy's Almagest, namun tidak secara umum diakui sebagai bagian dari Zodiac. Ide memperkenalkan Ophiuchus sebagai tanda tanggal zodiak hingga 1970-an dan dipopulerkan di astrologi sidereal Jepang dari akhir 1990-an oleh Walter Berg, The 13 Tanda-tanda zodiak.
        Tabel tanggal


        Awal teoritis Aries adalah momen vernal equinox, dan semua tanggal lain pergeseran sesuai. Gregorian tepat waktu dan tanggal sedikit berbeda dari tahun ke tahun sebagai kalender Gregorian bergeser relatif terhadap tahun tropis. [13] Variasi ini tetap dalam perbedaan kurang dari dua hari 'pada masa lalu dan equinox, dekat-masa depan vernal di UTC selalu jatuh baik di 20 atau 21 Maret pada periode 1797-2043, jatuh pada tanggal 19 Maret tahun 1796 terakhir kali dan pada 2044 berikutnya. [14] Dalam jangka panjang, jika kalender Gregorian tidak direformasi, maka equinox akan pindah ke tanggal sebelumnya: ia akan jatuh pada tanggal 18 Maret untuk pertama kalinya di AD 4092.


          Karena sumbu bumi adalah di sudut, beberapa tanda-tanda waktu lebih lama untuk naik dari yang lain, dan jauh dari khatulistiwa anda tinggal, semakin besar perbedaan. Jadi, tanda-tanda yang disebut sebagai kenaikan "panjang" atau "pendek".
          Presesi dari
          Informasi lebih lanjut: Presesi dari ekuinoks, Epoch (astronomi), sideris astrologi, Tropis astrologi, usia Astrological, dan Ayanamsa
          Jalur yang diambil oleh titik vernal equinox sepanjang ekliptika selama 6000 tahun terakhir

          Sistem zodiak dikembangkan di Babel, sekitar 2.500 tahun yang lalu, selama "Age of Aries". Pada saat itu, presesi dari tidak diketahui, dan sistem yang dibuat penyisihan tidak untuk itu. Kontemporer penggunaan sistem koordinat disajikan dengan pilihan menafsirkan sistem baik sebagai sidereal, dengan tanda-tanda tetap dengan latar belakang bintang, atau sebagai tropis, dengan tanda-tanda tetap ke titik ekuinoks vernal.

          astrologi Barat mengambil pendekatan tropis, sedangkan astrologi Hindu mengambil sidereal satu. Hal ini menyebabkan sistem zodiak koordinat awalnya bersatu hanyut terpisah secara bertahap, dengan kecepatan sudut sekitar 1,4 derajat per abad.

          Untuk tropis zodiak yang digunakan dalam astronomi dan astrologi Barat, ini berarti bahwa tanda Aries tropis saat ini terletak di suatu tempat dalam konstelasi Pisces ("Zaman Pisces").

          Asal untuk sidereal sistem koordinat dikenal sebagai ayanamsa, sebuah kata Sansekerta. Tidak jelas ketika orang India menjadi sadar akan presesi dari, tapi Bhaskar-ii di Siddhanta Shiromani memberikan equationjs pengukuran presesi ekuinoks, dan mengatakan persamaan ini didasarkan pada beberapa persamaan yang hilang dari Suryasiddhanta ditambah persamaan Munjaala.

          Hal ini tidak sepenuhnya jelas bagaimana astronom Helenistik menanggapi fenomena presesi setelah telah ditemukan oleh Hipparchus sekitar 130 SM. Hari ini, beberapa baca Ptolemy sebagai menjatuhkan konsep bola langit tetap dan mengadopsi apa yang disebut sebagai sistem koordinat tropis gantinya: dengan kata lain, satu tetap untuk siklus musiman bumi daripada bintang-bintang jauh.

          Beberapa astrolog Barat modern, seperti Cyril Fagan, telah menganjurkan meninggalkan sistem tropis yang mendukung satu sidereal.
          Dalam astronomi modern
          Informasi lebih lanjut: Epoch (astronomi)




          Zodiak adalah sistem koordinat bola langit. Ini menunjuk ecliptic sebagai pesawat fundamental dan posisi Matahari pada Vernal equinox sebagai meridian utama.

          Dalam astronomi, rasi bintang zodiak adalah cara mudah untuk menandai ekliptika (jalan matahari di langit) dan jalur bulan dan planet-planet di sepanjang ekliptika. Astronomi modern masih menggunakan tropis koordinat untuk memprediksi posisi Matahari, Bulan, dan planet, kecuali bujur dalam sistem koordinat ekliptika diberi nomor dari 0 ° sampai 360 °, tidak 0 ° sampai 30 ° dalam setiap tanda. Bujur dalam tanda-tanda individu masih digunakan sebagai sebagai akhir 1740 oleh Jacques Cassini dalam Tabel astronomiques nya.

          Shio juga digunakan untuk merujuk ke awan dgn mintaku'lburuj butir debu yang bergerak diantara planet-planet dan lampu zodiak yang berasal dari hamburan mereka sinar matahari.

          Berbeda dengan tanda zodiak dalam astrologi, yang semuanya tiga puluh derajat panjang, rasi astronomi sangat bervariasi dalam ukuran. Batas-batas dari semua rasi bintang di langit yang ditetapkan oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 1930. Hal ini, pada dasarnya, latihan pemetaan untuk membuat karya astronom lebih efisien, dan batas-batas rasi bintang yang tidak itu dalam arti yang berarti sebuah 'setara' dengan tanda-tanda zodiak. Seiring dengan dua belas rasi bintang asli, batas-batas konstelasi ketiga belas, Ophiuchus (pembawa ular), yang ditetapkan oleh astronom dalam batas-batas dari zodiak.
          Mnemonik untuk zodiak

          J tradisional mnemonik:

              Ram, Bull, si Kembar Surgawi,
              Dan berikutnya Kepiting, sang singa bersinar,
              The Virgin dan Timbangan.
              The Scorpion, Archer, dan Kambing,
              Manusia yang memegang Pot Pengairan,
              Dan Ikan dengan sisik berkilauan.

          A kurang puitis, namun ringkas dan mungkin lebih berkesan, mnemonic adalah sebagai berikut:

              The Twins mengoceh Kepiting bengkeng;
              Kalajengking Bondol Apakah Ikan Air Bagus.

          (Ram-ble = Ram, Bull; Kembar = Twins; Kepiting = Kepiting; Li-Ver (ish) = Lion, Virgin; Bondol = Skala; Scorpion = Scorpio; Apakah = Archer; Baik = Kambing, Air = Pembawa Air; Ikan = Ikan)

          Lain mudah mnemonik:

              Semua Constellation Very Long Live Great Sejak Bintang Tidak bisa Alter Fisika.

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)

          Satu lebih mudah mnemonik:

              Sebagai The Great Cook Likes Garam Sangat Kecil, Dia mengkompensasi Menambah Pepper.

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)

          Mengingat terjemahan / bentuk rasi bintang dengan menyenangkan mnemonik:

              Benar-benar Guru Boring Bisa Live Sangat Sayangnya Sejak Apel Berikan Perasaan tidak berharga.

          (Ram, Bull, Twins, Kepiting, Lion, Virgin, Scales, Scorpion, Archer, Kambing, Pembawa Air, Ikan)

              Semua Emas yang Dapat Load Siswa Sangat Malas Sejak Children Are Play

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)
          Lihat jugamiftahulhusna61.blogspot.commiftahulhusna61.blogspot.commiftahulhusna61.blogspot.com